Buah Naga Baik Untuk Tekanan Darah Tinggi

Buah naga termasuk buah eksotis yang memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Buah ini sangat tumbuh subur di Indonesia. Sebenarnya buah naga berasal dari Amerika Tengah dengan ciri khas mempunyai sisik mirip naga. Memiliki warna buah yang banyak variasinya, misalnya putih dan juga merah. Selain memiliki penampilan yang unik, buah naga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari mengonsumsi buah naga adalah mampu mengatasi tekanan darah rendah. Benarkah demikian? Mari kita simak ulasannya berikut yang sudah di ringkas oleh admin aringer-futter.

Manfaat terbaik dari buah naga untuk kesehatan adalah untuk memelihara tekanan darah. Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa buah naga tidak hanya baik dikonsumsi penderita darah tinggi saja melainkan juga tekanan darah rendah.

Tekanan Darah Tinggi Dengan Tekanan Darah Rendah

Hipotensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan darah seseorang berada di bawah 90/60 mmHg. Dengan kondisi ini seringkali tidak menunjukkan gejala apapun. Bahkan saat tekanan darah terlampau rendah, ada gangguan dari aliran oksigen ke seluruh tubuh yang diakibatkan dari pompa jantung tak memadai.Berkurangnya oksigen di seluruh tubuh maka bisa terjadi resiko gangguan fungsi organ meskipun kadarnya minimal. Tekanan darah tendah yang buruk serta tak teratasi bisa berakibat fatal. Seperti misalnya menurunnya tingkat kesadaran hingga kematian.

Kemudian, tekanan darah tinggi merupakan kondisi seseorang di mana memiliki tekanan darah sekitar 140/90 mmHg. Tentu saja untuk mengukurnya harus lebih dari sekali dan kondisinya yang terstandar. Dengan begitu pengukuran yang dilakukan bisa menghasilkan hasil akurat serta diagnosis dari tekanan darah tinggi yang diberikan secara tepat. Tidak berbeda dengan tekanan darah rendah, hipertensi juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Hanya yang membedakan pada kondisi tekanan darah tinggi, jantung harus memompa lebih keras sehingga darah bisa teraliri ke seluruh tubuh. Maka dari itu, kondisi yang demikian ini akan berakibat jantung menjadi bengkak dan menimbulkan gangguan arus balik sirkulasi.

Untuk peningkatan yang rendah, penderita hipertensi juga tidak mengalami gejala apapun. Namun, pada penderita hipertensi ini tidak boleh dianggap sepele yang bisa menjadi awal dari berbagai masalah kesehatan yang serius lainnya.

Menggunakan Buah Naga untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Selain banyak jenis sayuran yang bisa mengontrol tekanan darah, buah naga menjadi andalan dalam usaha pencegahan darah rendah. Khasiat buah naga sangat besar untuk kesehatan sehingga manfaatnya sudah terbukti untuk mengatasi tekanan darah tinggi, bukan untuk tekanan darah rendah. Kandungan buah naga di dalamnya terdapat adalah protein, karbohidrat, berbagai mikronutrien seperti vitamin C, B1, dan riboflavin. Di dalam buah naga ini, kandungan vitamin C mampu membuat kesehatan semakin terjaga dan menjaga fungsi pembuluh darah. Hal ini akan mendukung sirkulasi darah sehingga jantung tidak perlu lagi bekerja yang terlalu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Artikel Terkait : Fakta-fakta Kesehatan Yang Sudah Tak Bisa Lagi Dipercaya

Manfaat yang ditemukan di dalam buah naga itu, bisa disimpulkan bahwa buah naga sangat bermanfaat untuk para penderita tekanan darah tinggi, bukan tekanan darah rendah. Namun, berkaitan dengan hal itu, secara umum buah naga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Konsumsi buah naga pada penderita tekanan darah rendah ternyata akan menimbulkan efek samping. Terutama yang disebabkan kandungan kalium pada buah naga bila konsumsinya terlalu banyak. Dengan konsumsi seperti itu tentu saja akan memicu tekanan darah rendah yang pengaruhnya pada jantung serta sirkulasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *